JURNAL SENTRA: Kajian Teori dan Praktik Pendidikan Anak Usia Dini
Vol. 4 No. 2 (2024): JURNAL SENTRA: Kajian Teori dan Praktik Pendidikan Anak Usia Dini

Penerapan Metode Pembelajaran Bermain Pada Anak Usia Dini: Studi Kasus di Bustanul Athfal Aisyiyah Gasang

Alquriyah, Yusroh (Unknown)



Article Info

Publish Date
17 Dec 2024

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana penerapan metode pembelajaran bermain pada anak usia dini. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan angket. Analisis data menggunakan model interaktif Miles dan Huberman yang meliputi reduksi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan/verifikasi. Pembelajaran berbasis bermain memiliki keuntungan tersendiri bagi tumbuh kembang anak. Anak-anak dapat meningkatkan imajinasinya, kemampuan fisiknya, mengasah keterampilan sosial yang dimilikinya, melatih emosionalnya dalam menghadapi berbagai permasalahan yang ia temukan saat bermain. Hal ini sangat menguntungkan bagi anak karena sebagai bekal dan juga persiapan untuk memasuki fase selanjutnya. Belajar sambil bermain mampu menstimulus anak untuk mencapai tumbuh kembang yang lebih baik.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

JS

Publisher

Subject

Education

Description

JURNAL SENTRA: Kajian Teori dan Praktik Pendidikan Anak Usia Dini features original research in early childhood education, especially in Muslim society from around the world. With this as its main focus, it should be emphasized that the definition of education contains parenting and its ...