Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kohesi gramatikal dan kohesi leksikal yang terkandung dalam iklan deterjen serta mengetahui gaya bahasa yang digunakan dalam iklan deterjen dan makna yang terkandung dalam iklan deterjen yang diteliti. Penelitian ini menggunakan metode agih yang didukung dengan metode pada referensial. Subjek penelitian ini adalah iklan deterjen yang tayang melalui media massa seperti televise dan youtube. Data yang digunakan merupakan transkrip iklan deterjen. Sumber data berasal dari iklan deterjen audiovisual yang terdapat dalam media massa seperti televisi dan youtube. Data didapatkan dengan metode simak catat, dan dianalisis menggunakan metode agih. Hasil penelitian menunjukkan bahwa iklan audiovisual deterjen yang dianalisis mengandung kohesi gramatikal meliputi 5 referensi, 18 konjungsi dan 10 elipsis. Kohesi leksikal meliputi 12 repitisi, 2 antonimi, 14 sinonimi, 3 hiponimi dan 5 kolokasi. Gaya bahasa yang digunakan dalam setiap iklan audiovisual deterjen yaitu bahasa denotatif yang bersifat persuasif atau membujuk. Secara keseluruhan setiap iklan audiovisual yang dikaji memiliki makna membujuk pendengar atau penonton untuk membeli barang yang diiklannya.
Copyrights © 2025