Alinea: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pengajaran
Vol. 5 No. 2 (2025): Alinea: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pengajaran

Tantangan Penggunaan Media Sosial dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia oleh Siswa WNA Tiongkok

Krisna Awanda, Agatha Ferilia (Unknown)
Prihatin, Pius Nurwidasa (Unknown)
Kastuhandani, Fidelis Chosa (Unknown)



Article Info

Publish Date
14 Aug 2025

Abstract

Penggunaan media sosial dalam pembelajaran Bahasa Indonesia bagi siswa telah menjadi topik yang semakin relevan pada era digital. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis urgensi serta tantangan dalam penggunaan media sosial sebagai alat bantu pembelajaran bagi siswa Warga Negara Asing (WNA) asal Tiongkok. Metode penelitian yang digunakan yaitu kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan studi dokumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media sosial dapat meningkatkan aksesibilitas terhadap materi pembelajaran, memperluas kesempatan berinteraksi dengan penutur asli, serta meningkatkan motivasi siswa dalam belajar. Namun, terdapat beberapa tantangan seperti kesulitan memahami kosakata dan struktur bahasa, kurangnya interaksi langsung, serta potensi distraksi dari konten non-pembelajaran. Social media in Indonesian Language has become an increaslingly relevant topic in the digital era. This research aims to analyze the urgency and challenges in using social media as a learning aid for foreign national (WNA) students from Tiongkok. The research method used is qualitative descriptive approach with data collection technique through interviews, observation, and document analysis. The research results show what that social media can increase accessibility to learning material, expand opportunities for increation with native speakers, and increase student motivation in learning. However, there are several challenges such as difficulty understanding vocabulary and language structures, lack of direct interaction, and potential distraction from non-learning content.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

alinea

Publisher

Subject

Religion Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

ALINEA: Jurnal Bahasa, Sastra dan Pengajaran merupakan jurnal yang diterbitkan oleh Bale Literasi dengan e-ISSN: 2809-4204. Saat ini, ALENIA menjadi wadah bagi peneliti, dosen dan pemerhati bahasa untuk mempublikasikan hasil penelitiannya pada bidang bahasa dan sastra (lokal dan asing), ...