JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 8 No. 3 (2024)

Pembuatan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis PBL Berbantuan Google Sites untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa

Chairunnisa, Syifa (Unknown)
Festiyed, Festiyed (Unknown)
Ratnawulan, Ratnawulan (Unknown)
Anshari, Rio (Unknown)



Article Info

Publish Date
21 Oct 2024

Abstract

Pada abad ke-21, siswa harus dapat berpikir kreatif, berpikir kritis dan pemecahan masalah, berkomunikasi dan berkolaborasi secara efektif. Fakta yang telah membuktikan kemampuan pemecahan masalah siswa pada materi usaha dan energi masih rendah, dan proses pembelajaran keseringan berpusat pada guru dan memakai metode ceramah. Untuk mengatasi masalah ini, solusinya adalah membuat media pembelajaran interaktif. Tujuannya untuk membuat, memvalidasi dan mempraktikkan media pembelajaran interaktif berbasis PBL berbantuan Google Sites untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa. Jenis penelitian yaitu design research menggunakan model desain pembelajaran Dick and Carey. Model desain pembelajaran terdiri dari 10 tahap. Hasil penelitian yang didapatkan bahwa uji validitas didapat 0.86 kategori “sangat valid” dan uji praktikalitas didapat 0.84 kategori “sangat praktis”. Kesimpulannya adalah media pembelajaran interaktif berbasis PBL berbantuan Google Sites untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa valid dan praktis untuk digunakan.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...