JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 8 No. 3 (2024)

Peran Pola Asuh Orang Tua dalam Membentuk Kedisiplinan Anak Usia Dini: Studi Fenomenologis di TK IT Nidaul Islam, Kabupaten Bengkalis

Khusna, Nadia (Unknown)
Nurfatikhah, Nurfatikhah (Unknown)
Mufaro’ah, Mufaro’ah (Unknown)



Article Info

Publish Date
22 Oct 2024

Abstract

Pola asuh orang tua memainkan peran penting dalam perkembangan anak, khususnya dalam membentuk sikap disiplin sejak usia dini. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi peran pola asuh orang tua dalam membentuk kedisiplinan anak usia dini di TK IT Nidaul Islam, Kabupaten Bengkalis. Dengan menggunakan metode fenomenologis, penelitian ini menggali pengalaman langsung orang tua dan guru terkait praktik pola asuh serta dampaknya pada kedisiplinan anak. Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam dengan orang tua dan guru, serta observasi perilaku anak di lingkungan sekolah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pola asuh yang demokratis cenderung lebih efektif dalam membentuk sikap disiplin pada anak dibandingkan dengan pola asuh permisif atau otoriter. Studi ini memberikan wawasan tentang pentingnya pendekatan orang tua yang seimbang dalam membimbing anak menuju kedisiplinan, serta relevansinya dalam konteks pendidikan usia dini.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...