JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 8 No. 3 (2024)

Pengaruh Model Pembelajaran Inquiry Terbimbing terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Wujud Zat dan Perubahannya di Kelas IV SD Negeri 065015 T.A 2023/2024

Florentina, Debora (Unknown)
Simanihuruk, Lidia (Unknown)
Zainuddin, Zainuddin (Unknown)
Ananda, Lala Jelita (Unknown)
Manurung, Imelda Free Unita (Unknown)



Article Info

Publish Date
22 Oct 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Model Pembelajaran Inquiri Terbimbing terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Wujud Zat dan Perubahannya di Kelas IV SD Negeri 065015 T.A 2023/2024. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian Quasi Eksperimental. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil belajar peserta didik menggunakan Model Pembelajaran Inquiri Terbimbing lebih tinggi dibandingkan hasil belajar dibandingkan hasil belajar hanya menggunakan pembelajaran konvensional. Secara statistik hasil posttest siswa pada kelas eksperimen memperoleh rata-rata 85,5 dan pada kelas kontrol 43,9. Dengan demikian perbandingan rata-rata hasil belajar siswa yang berbeda adalah 85,5>43,9. Pada ujian I menunjukkan Sig. (2- tailed)< 0,05 yaitu <0,001 < 0,005 artinya Ho ditolak dan Ha diterima. Jadi disimpulakan bahwa terdapat pengaruh penggunaan Model Pembelajaran Inquiri Terbimbing terhadap Hasil Belajar Siswa Materi Wujud Zat dan Perubahannya di Kelas IV SD Negeri 065015 T.A 2023/2024. Dengan demikian, Model Pembelajaran Inquiri Terbimbing ini dapat digunakan di sekolah dasar.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...