JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 8 No. 3 (2024)

Analisis Faktor-Faktor Penentu Hasil Belajar Statistik Mahasiswa Universitas Rokan melalui Model Regresi Logistik Biner

Dwiana, Ari Aprilia (Unknown)
Sari, Nauli Tama (Unknown)
Muslim, Muslim (Unknown)



Article Info

Publish Date
24 Oct 2024

Abstract

Investigasi ini berupaya memeriksa faktor-faktor penentu yang mempengaruhi kinerja akademik siswa yang terdaftar dalam kursus Statistik Pendidikan di Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Rokania dengan menggunakan analisis regresi logistik biner. Penelitian ini mencakup sampel dari 60 mahasiswa sarjana yang telah menyelesaikan kursus, dengan data dikumpulkan melalui kuesioner yang menggabungkan variabel independen seperti jenis kelamin, kepemilikan sumber daya pendidikan (laptop/komputer), otonomi dalam penyelesaian tugas, dan jumlah durasi studi. Variabel dependen yang diidentifikasi dalam penelitian ini adalah kinerja akademik siswa, yang diklasifikasikan menjadi dua kategori berbeda: tinggi dan rendah. Kerangka analisis yang digunakan dalam penyelidikan ini adalah model regresi logistik biner. Temuan analisis mengungkapkan bahwa variabel kepemilikan sumber daya pendidikan, otonomi dalam pembelajaran, dan durasi studi memberikan efek yang signifikan pada kinerja akademik siswa. Nilai Exp (B) atau Odds Ratio (OR) untuk variabel sumber daya pendidikan adalah 17.358, menandakan bahwa siswa yang memiliki sumber daya pembelajaran memiliki kemungkinan 17.358 kali lebih tinggi untuk mencapai hasil akademik yang menguntungkan dibandingkan dengan rekan-rekan mereka yang kekurangan sumber daya tersebut. Variabel otonomi pembelajaran menunjukkan nilai Exp (B) 19.642, menunjukkan bahwa siswa yang menunjukkan kemandirian yang lebih besar dalam upaya belajar mereka memiliki probabilitas yang lebih tinggi untuk mencapai kesuksesan akademik. Sebaliknya, variabel durasi studi menunjukkan nilai Exp (B) 538.707, menggarisbawahi peran penting yang dimainkan waktu belajar dalam memfasilitasi prestasi akademik.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...