JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 8 No. 3 (2024)

Model Supervisi Pendidikan Berbasis Kolaboratif

Putri, Alifa Fatria (Unknown)
Sabri, Ahmad (Unknown)
Lubis, Yusran (Unknown)



Article Info

Publish Date
05 Nov 2024

Abstract

Model supervisi pendidikan berbasis kolaboratif muncul sebagai solusi untuk tantangan yang dihadapi dalam pendidikan, di mana pendekatan tradisional sering kali tidak memenuhi kebutuhan guru dan siswa. Penelitian ini meninjau literatur yang ada untuk memahami efektivitas model ini dalam meningkatkan kualitas pembelajaran dan profesionalisme guru. Dengan melibatkan berbagai pemangku kepentingan, termasuk siswa dan orang tua, model ini menciptakan lingkungan belajar yang lebih inklusif dan responsif. Hasil analisis menunjukkan bahwa kolaborasi memperkuat hubungan antar individu dan mendorong pertukaran pengetahuan yang saling menguntungkan. Implikasi dari penelitian ini menunjukkan perlunya strategi implementasi yang tepat untuk mengatasi tantangan, seperti resistensi terhadap perubahan dan keterbatasan sumber daya. Dengan demikian, penelitian ini tidak hanya menyoroti pentingnya teori kolaborasi, tetapi juga memberikan rekomendasi praktis yang dapat diterapkan dalam konteks pendidikan saat ini untuk mencapai hasil yang lebih baik.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...