Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan hasil belajar IPA melalui pemanfaatan media 3 dimensi virtual reality yang digunakan di UPT SPF SD Negeri Panaikang 1. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian tindakan kelas (PTK) dengan metodologi penelitian diawali dengan tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi, evaluasi dan refleksi. Penelitian ini melibatkan semua siswa kelas VI UPT SPF SD Negeri Panaikang 1 dengan jumlah siswa 29 orang. Teknik pengumpulan data dengan observasi dan tes hasil belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan terjadi peningkatan hasil belajar IPA siswa kelas VI A UPT SPF SD Negeri Panaikang 1 melalui pemanfaatan media 3 dimensi virtual reality. Hal ini dapat dibuktikan dengan peningkatan keterlaksanaan pembelajaran pada siklus I 70,8% meningkat pada siklus II menjadi 91,7%, lalu keterlaksanaan aktivitas siswa pada siklus I, 70,8% meningkat pada siklus II menjadi 83,3%, kemudian rata-rata hasil belajar pada siklus I, 65 dan meningkat pada siklus II menjadi 86,9 dan telah memenuhi kriteria ketuntasan minimal (KKM) yaitu 70 dan nilai hasil belajar yang telah memenuhI kriteria ketuntasan yang ditentukan yaitu 75% pada siklus I, 44,8% meningkat pada siklus II mencapai 93,1%.
Copyrights © 2024