JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 8 No. 3 (2024)

Implementasi Pemanfaatan Media 3 Dimensi Virtual Reality dalam Meningkatkan Hasil Belajar IPA Kelas VI SD

M, Iqwana Ummul Fatimah (Unknown)
Desy, Desy (Unknown)
Arif, Tarman A. (Unknown)



Article Info

Publish Date
06 Nov 2024

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan hasil belajar IPA melalui pemanfaatan media 3 dimensi virtual reality yang digunakan di UPT SPF SD Negeri Panaikang 1. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian tindakan kelas (PTK) dengan metodologi penelitian diawali dengan tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi, evaluasi dan refleksi. Penelitian ini melibatkan semua siswa kelas VI UPT SPF SD Negeri Panaikang 1 dengan jumlah siswa 29 orang. Teknik pengumpulan data dengan observasi dan tes hasil belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan terjadi peningkatan hasil belajar IPA siswa kelas VI A UPT SPF SD Negeri Panaikang 1 melalui pemanfaatan media 3 dimensi virtual reality. Hal ini dapat dibuktikan dengan peningkatan keterlaksanaan pembelajaran pada siklus I 70,8% meningkat pada siklus II menjadi 91,7%, lalu keterlaksanaan aktivitas siswa pada siklus I, 70,8% meningkat pada siklus II menjadi 83,3%, kemudian rata-rata hasil belajar pada siklus I, 65 dan meningkat pada siklus II menjadi 86,9 dan telah memenuhi kriteria ketuntasan minimal (KKM) yaitu 70 dan nilai hasil belajar yang telah memenuhI kriteria ketuntasan yang ditentukan yaitu 75% pada siklus I, 44,8% meningkat pada siklus II mencapai 93,1%.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...