JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 8 No. 3 (2024)

Pengaruh Pendampingan Orang Tua dengan Metode Muroja’ah Hafalan Al-Qur’an terhadap Kualitas Hafalan Al-Qur’an Santri RA

Selvia, Selvia (Unknown)
Siska, Widya (Unknown)
Kamsir, Rita Zahara (Unknown)
Irhamni, Irhamni (Unknown)
Sugiyanti, Sri (Unknown)
Windari, Ratna (Unknown)



Article Info

Publish Date
06 Nov 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi pengaruh bimbingan orang tua dengan metode muroja'ah terhadap kualitas hafalan Al-Qur'an di kalangan siswa di RA Adz Dzikra Isyhaarul Jannah. Teknik muroja'ah, yang melibatkan pengulangan materi hafalan secara teratur, dianggap sebagai strategi yang efektif untuk meningkatkan retensi Al-Qur'an. Dengan menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain eksperimen, penelitian ini melibatkan sampel 10 siswa yang dipilih secara acak. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi dan wawancara, diikuti dengan analisis statistik untuk menilai korelasi antara bimbingan orang tua dan kualitas hafalan. Temuan penelitian menunjukkan bahwa dukungan orang tua yang berkelanjutan dengan menggunakan metode muroja'ah secara signifikan meningkatkan kualitas hafalan Al-Qur'an siswa. Penelitian ini menyimpulkan bahwa keterlibatan aktif orang tua sangat penting dalam proses hafalan untuk meningkatkan retensi siswa terhadap Al-Qur'an.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...