JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 8 No. 3 (2024)

Pengaruh Model Problem Based Learning Berbasis Socio Scientific Issue terhadap Kemampuan Kognitif Peserta Didik

Faurina, Fuza (Unknown)
Putri, Rahmah Evita (Unknown)
Yanto, Febri (Unknown)
Arif, Khairil (Unknown)



Article Info

Publish Date
08 Nov 2024

Abstract

Tujuan dari upaya riset ini yakni menyelidiki pengaruh model PBL berbasis SSI terhadap kemampuan kognitif peserta didik. Kerangka metodologis yang dimanfaatkan ialah Quasi eksperimen yang memanfaatkan Non-Equivalent Control Group Design. Populasi riset ini yakni semua siswa kelas tujuh yang terdaftar di SMPN 2 Payakumbuh. Teknik sampling dilaksanakan lewat teknik purposive sampling, menghasilkan pemilihan kelas VII.6 selaku kelas eksperimen dan kelas VII.7 selaku kelas kontrol. Data dimana dikumpulkan menjadi sasaran analisis yang melibatkan uji normalitas, uji homogenitas, serta uji t. Temuan riset mengungkapkan bahwasannya penerapan model PBL berbasis Socio Scientific Issue secara signifikan mempengaruhi kemampuan kognitif peserta didik. Kesimpulan ini didukung oleh hasil pengujian hipotesis dari uji-t posstest, di mana hasil thitung > ttabel khususnya dengan thitung =  4,113 serta ttabel = 2,0395.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...