JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 8 No. 3 (2024)

Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division (STAD) terhadap Hasil Belajar Geografi Siswa Kelas XII IPS MAN 2 Agam

Sebtia, Nirma (Unknown)
U, Iswandi (Unknown)



Article Info

Publish Date
09 Nov 2024

Abstract

Hasil belajar adalah tolak ukur berhasil atau tidaknya pembelajaran. Salah satu upaya untuk meningkatkan hasil belajar siswa adalah dengan pembilihan model pembelajaran yang tepat. Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh dari penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD) pada mata pelajaran geografi di kelas XII IPS MAN 2 Agam. Adapun metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan jenis jenis Quasy Eksperimen Design. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kelas eksperimen memiliki rata-rata 89.18 sedangkan kelas control memiliki rata-rata 71.52. Untuk melihat peningkatan pengetahuan dilakukan pengujian N-Gain yang menunjukkan kelas eksperimen mengalami peningkatan 0.79 yang berada pada kategori tinggi. Kelas kontrol mengalami peningkatan 0.51 yang menunjukkan kategori sedang. Hasil uji hipotesis menunjukkan nilai sig (2 tailed ) adalah sebesar 0,000 < 0,05 yang menunjukkan Ha diterima sedangkan Ho ditolak. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran geografi menggunakan model kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD) berpengaruh terhadap hasil belajar geografi siswa kelas XII IPS MAN 2 Agam.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...