JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 8 No. 3 (2024)

Pengaruh Metode Bermain Peran Makro terhadap Percaya Diri Anak Usia 5-6 Tahun di Taman Kanak-Kanak Plus Marhamah Parupuk Tabing Padang

Lorenza, Tara (Unknown)
Yulsyofriend, Yulsyofriend (Unknown)



Article Info

Publish Date
10 Nov 2024

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pengaruh metode bermain peran makro terhadap percaya diri anak usia 5-6 tahun di taman kanak-kanak plus marhamah parupuk tabing, padang. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode quasi eksperimen. Popolasi penelitian ini merupakan seluruh anak di taman kanak-kanak plus marhamah parupuk tabing padang dengan sampel kelas B1 dan B2 masing-masing berjumlah 14 anak. Teknik pengumpulan data berupa tes perbuatan dan Teknik analisis data menggunakan iji normalitas, uji homogenitas, uji hipotesis dan alat pengumpulan data yang digunakan lembaran pernyataan. Hasil penelitian yaitu rata-rata kemampuan percaya diri pada anak kelas eksperimen sebelum diberi perlakuan pada kelas eksperimen (pre-test) sebesar 15,64 dan pada (post-test) setelah diberi perlakuan pada kelas eksperimen meningkat menjadi 32,5. Pada kelas kontrol sebelum diberi perlakuan sebesar 14,71 dan setelah diberi perlakuan menjadi 26,64. Dengan nilai sig (2-tailed) sebesar 0,00<0,05. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh bermain peran makro terhadap percaya diri anak usia 5-6 tahun di

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...