JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 8 No. 3 (2024)

Estimasi Kedalaman Struktur Bawah Permukaan Dengan Metode Analisis Spektral Pada Sesar Sumatera Segmen Sumani Berdasarkan Data Geomagnetik

Hafiz, Muhammad (Unknown)
Amir, Harman (Unknown)
Dwiridal, Letmi (Unknown)
Hidayati, Hidayati (Unknown)



Article Info

Publish Date
13 Nov 2024

Abstract

Sesar Sumani merupakan bagian aktif dari Sesar Sumatera yang memiliki potensi tinggi untuk aktivitas seismik. Untuk mengidentifikasi kedalaman struktur bawah permukaan, digunakan metode analisis spektral berbasis Fast Fourier Transform (FFT), yang mengubah data dari domain spasial ke domain frekuensi untuk menginterpretasikan kedalaman anomali geomagnetik. Identifikasi masalah dalam penelitian ini termasuk keterbatasan data geomagnetik yang tersedia serta kompleksitas dalam interpretasi spektral yang memerlukan ketelitian dalam penafsiran. Penelitian ini bertujuan untuk memetakan variasi kedalaman struktur bawah permukaan di wilayah Sesar Sumani, yang memiliki implikasi penting bagi eksplorasi sumber daya alam dan mitigasi risiko geofisika di wilayah tersebut.Metode penelitian yang digunakan adalah analisis spektral terhadap data geomagnetik dengan pendekatan FFT. Pengolahan data dilakukan melalui perangkat lunak Surfer, Oasis Montaj, dan Global Mapper untuk memperoleh kontur dan pemetaan kedalaman struktur bawah permukaan di sepanjang Sesar Sumani. Hasil penelitian menunjukkan tiga lapisan utama dengan kedalaman berbeda. Lapisan pertama berada pada kedalaman 0,5–1 km, yang diduga mewakili batuan sedimen Kuarter. Lapisan kedua berada pada kedalaman 2–3 km dan kemungkinan berhubungan dengan batas batuan sedimen dan batuan dasar metamorf. Lapisan ketiga, yang paling dalam, berada pada kedalaman lebih dari 5 km, yang mungkin mencerminkan batuan dasar kristalin atau batuan magmatik dalam.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...