JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 8 No. 3 (2024)

Identifikasi Kesulitan Menyimak Mahasiswa Pada Mata Kuliah Statistika Lanjut Selama Pembelajaran Online

Maimunah, Maimunah (Unknown)
Sulistyaniningsih, Endang (Unknown)
Putri, Laksita Nirmala (Unknown)
Nadeak, Theresia Evy Yulianty (Unknown)



Article Info

Publish Date
11 Nov 2024

Abstract

Statistika adalah salah satu mata kuliah yang berkaitan dengan tugas akhir mahasiswa, sehingga statistika menjadi penting untuk dipahami oleh mahasiswa. Covid-19 terkonfirmasi di Indonesia pada 2 Maret 2020 yang menyebabkan pemerintah mengganti pendidikan kelas di semua jenjang dengan pembelajaran online selama semester gasal tahun 2020/2021. Perpanjangan masa belajar online di universitas menimbulkan kesulitan bagi mahasiswa seperti banyaknya tugas yang harus diselesaikan, interaksi antar mahasiswa dengan dosen, masalah dengan jaringan, dan hambatan lainnya. Faktor penyebab ketidakmampuan menyimak mahasiswa diantaranya faktor dari mahasiswa itu sendiri, faktor dosen, faktor lingkungan/orang tua, dan sarana prasarana. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui faktor-faktor penyebab kesulitan menyimak pada mata kuliah Statistika selama pandemi Covid-19. (2) Mengetahui faktor dominan penyebab kesulitan belajar pada mata kuliah Statistika selama pandemi Covid-19. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dengan subyek sebanyak 233 orang yang terdiri dari 180 laki-laki dan 53 perempuan. teknik analisis statistik deskriptif yang digunakan yaitu penyajian data dalam bentuk tabel (menghitung tingkat capaian rata-rata). Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor yang menjadi kesulitan belajar pada mata kuliah statistika selama pandemi Covid-19 adalah faktor diri sendiri, faktor dosen, faktor lingkungan/ orang tua, dan faktor sarana prasarana. Faktor yang paling dominan berpengaruh terhadap kesulitan belajar pada mata kuliah statistika selama pandemi Covid-19 adalah faktor diri sendiri

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...