Penelitian bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatkan hasil belajar tari menggunakan metode tutor sebaya di kelas VII 7 SMPN Padang. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (Class Room Action Research). Instrumen penelitian ini berupa post tes dan lembar observasi. Penelitian ini dilakukan sebanyak 2 siklus yang masing-masing terdiri dari perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Data dikumpulkan melalui observasi, tes. Data dianalisis dengan menggunakan rumus presentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran tari siswa dengan penerapan metode tutor sebaya dapat meningkatkan aktifitas dan hasil belajar siswa. siswa yang awalnya malu bertanya dan enggan menyampaikan pendapat akan lebih leluasa untuk bertanya dan menyampaikan pendapat kepada kepada tutor, yang mana tutor merupakanteman sejawatnya. Pada saat proses belajar, rata-rata aktivita siswa pada siklus I berani berpendapat, memperhatikan, tidak meribut dan bekerja sama sebanyak (73,75%). Sedangkan untuk aktivitas siklus II, berani berpendapat, memperhatikan, tidak meribut dan bekerja sama dengan (94,75%). Untuk rata-rata hasil belajar siswa siklus 1 yaitu dengan kategori tuntas 38% dan yang tidak tuntas 62%. Sedangkan pada siklus II dengan kategori tuntas 85,3% dan tang tidak tuntas 14,7%.
Copyrights © 2024