JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 8 No. 3 (2024)

Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar pada Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD)

Madyan, Madyan (Unknown)
Hartati, Sri (Unknown)
Elawati, Elawati (Unknown)



Article Info

Publish Date
16 Nov 2024

Abstract

Studi ini dilakukan karena pentingnya penerapan kurikulum otonom dalam praktik, terutama karena diantisipasi bahwa semua bisnis harus melakukannya pada tahun 2024. Studi ini bertujuan untuk memberikan gambaran umum tentang pendekatan penerapan kurikulum independen dalam Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). Beberapa artikel yang relevan dengan topik penelitian tentang penerapan kurikulum otonom dapat dianalisis berkat teknik pengumpulan data dan metodologi penelitian studi pustaka. Menurut penelitian, pengembangan kurikulum memerlukan pemahaman yang mendalam terhadap struktur dan konsepnya. Menciptakan profil siswa yang berwawasan Pancasila dan rahmatan lil alamin merupakan salah satu gagasan terpenting dalam kurikulum Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). Ciri-ciri siswa Pancasila meliputi keimanan dan ketakwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa, akhlak mulia, kemandirian, kerjasama, keragaman global, berpikir kritis, dan kreativitas. Siswa Rahmatan lil Alamin disegani karena sifatnya yang beradab (taaddub), teladan (qudwah), kewarganegaraan dan kebangsaan (muwatanah), jalan tengah (tawassut), rukun (tawazun), lurus dan tegas (I'tidal), persamaan (musawah), berkehendak (syura), toleransi (tasamuh), dinamis dan inovatif (tatawwur wa ibtikar).

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...