JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 8 No. 3 (2024)

Pengaruh Media Flashcard terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Tematik Tema 2 Subtema 2 Kelas IV SD Negeri 095254 Bandar Tongah Kecamatan Bandar Huluan T.A 2023/2024

Khairani, Ummu Hamidah (Unknown)
Mailani, Elvi (Unknown)
Siregar, Arifin (Unknown)
Gandamana, Apiek (Unknown)
Rozi, Fahrur (Unknown)



Article Info

Publish Date
20 Nov 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media pembelajaran Flashcard terhadap hasil belajar siswa pada tema 2 subtema 2 kelas IV SD Negeri 095254 Bandar Tongah Kecamatan Bandar Huluan T.A 2023/2024. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode quasi experiment. Desain penelitian yang digunakan adalah nonequivalent control group design dengan bentuk pre-test dan post-test. Teknik pengambilan sampel penelitian ini adalah Teknik total sampling dengan mengikutsertakan keseluruhan populasi sebanyak 25 siswa kelas IV-A (kelas eksperimen) dan 25 siswa kelas IV-B (kelas kontrol). Teknik analisis data yang digunakan adalah uji-t dua sampel dengan rumus uji-t berbantuan aplikasi SPSS 24 for windows. Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh penggunaan media Flashcard terhadap hasil belajar siswa pada tema 2 subtema 2 kelas IV SDN 095254 Bandar Tongah. Uji hipotesis dilakukan dengan ketentuan nilai signifikansi (2 tailed) < 0,05 artinya Ha diterima dan Ho ditolak. Hasil uji hipotesis diperoleh nilai signifikansi (2 tailed) 0,000 < 0,05, membuktikan bahwa Ha diterima dan Ho ditolak, artinya terdapat pengaruh media Flashcard terhadap hasil belajar siswa pada tema 2 subtema 2 kelas IV SDN 095254 Bandar Tongah Kecamatan Bandar Huluan T.A 2023/2024.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...