Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media pembelajaran Flashcard terhadap hasil belajar siswa pada tema 2 subtema 2 kelas IV SD Negeri 095254 Bandar Tongah Kecamatan Bandar Huluan T.A 2023/2024. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode quasi experiment. Desain penelitian yang digunakan adalah nonequivalent control group design dengan bentuk pre-test dan post-test. Teknik pengambilan sampel penelitian ini adalah Teknik total sampling dengan mengikutsertakan keseluruhan populasi sebanyak 25 siswa kelas IV-A (kelas eksperimen) dan 25 siswa kelas IV-B (kelas kontrol). Teknik analisis data yang digunakan adalah uji-t dua sampel dengan rumus uji-t berbantuan aplikasi SPSS 24 for windows. Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh penggunaan media Flashcard terhadap hasil belajar siswa pada tema 2 subtema 2 kelas IV SDN 095254 Bandar Tongah. Uji hipotesis dilakukan dengan ketentuan nilai signifikansi (2 tailed) < 0,05 artinya Ha diterima dan Ho ditolak. Hasil uji hipotesis diperoleh nilai signifikansi (2 tailed) 0,000 < 0,05, membuktikan bahwa Ha diterima dan Ho ditolak, artinya terdapat pengaruh media Flashcard terhadap hasil belajar siswa pada tema 2 subtema 2 kelas IV SDN 095254 Bandar Tongah Kecamatan Bandar Huluan T.A 2023/2024.
Copyrights © 2024