JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 8 No. 3 (2024)

Pendidikan Indonesia Pengaruh Diklat dan Pengembangan Karir Terhadap Promosi Jabatan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Padang Lawas

Harahap , Roni Rahmad Syaputra (Unknown)
Karim, Ahmad (Unknown)
Tanjung, Ali Mukti (Unknown)



Article Info

Publish Date
23 Nov 2024

Abstract

Promosi jabatan merupakan perpindahan yang memperbesar authority dan responsibility pegawai ke jabatan yang lebih tinggi didalam satu organisasi sehingga kewajiban, hak, status, dan penghasilannya semakin besar promosi jabatan merupakan peningkatan dari seorang tenaga kerja atau pegawai pada suatu bidang tugas yang lebih baik. Populasi berjumlah 30 orang, seluruh populasi dijadikan sampel sebanyak 30 orang pegawai. Teknik pengumpulan data dengan studi pustaka, wawancara, dokumentasi dan kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis korelasi dengan menggunakan program SPSS versi 25. Uji yang digunakan adalah uji t, uji F dan koefisien determinasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Diklat berpengaruh signifikan sebesar 0,673 atau 67,3% terhadap promosi jabatan, pengaruhnya dengan kategori kuat. Dimana semakin baik diklat maka promosi jabatan juga akan semakin tinggi. 2) Pengembangan Karir berpengaruh signifikan sebesar 0,527 atau 52,7% terhadap promosi jabatan, pengaruhnya dengan kategori cukup kuat. Terdapat pengaruh yang positif dimana semakin baik pengembangan karir maka promosi jabatan juga akan semakin tinggi 3). Pengaruh Diklat dan Pengembangan Karir secara simultan memiliki pengaruh signifikan terhadap Promosi jabatan yang dikategorikan kuat yaitu pada tingkat 0,795 atau 79,5% sedangkan sisanya 24,3% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diuji dalam penelitian ini.lagi dijelaskan oleh faktor lain.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...