JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 8 No. 3 (2024)

Strategi Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kompetensi Guru di Sekolah Dasar Islam Terpadu Raissalam Kecamatan Rambah Kabupaten Rokan Hulu

Syahputra, Andri (Unknown)
Syaifuddin, Muhammad (Unknown)
Afriza, Afriza (Unknown)



Article Info

Publish Date
23 Nov 2024

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui strategi kepala sekolah dalam peningkatan kompetensi guru SDIT Raissalam Rokan Hulu, 2) Untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat dalam peningkatan kompetensi guru. Penelitian ini menggunakan metode Kualitatif dengan pendekatan deskriptif Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi, sedangkan teknik analisis data terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikkan kesimpulan. Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa 1) Strategi Kepala Sekolah dalam peningkatan kompetensi guru sudah berjalan dengan baik seperti pengamatan lingkungan, perumusan strategi, implementasi startegi, evaluasi dan kontrol. 2) Adapun Faktor pendukung Strategi Kepala Sekolah dalam meningkatkan kompetensi guru yaitu: a) Kepala sekolah dan yayasan mendukung penuh kegiatan-kegiatan dalam rangka peningkatan kompetensi guru. b) tenaga pendidik adalah sarjana pendidikan strata satu dan sebagian besar memiliki pengalaman dalam mengajar. c) adanya bimbinga dan pengawasan dari dinas pendidikan Kabupaten Rokan Hulu. Sedangkan faktor penghambat startegi kepala sekolah dalam digitalisasi pendidikan . a) memilih waktu pelaksanaan yang tidak mengganggu kegiatan belajar mengajar anak. b) adanya tenaga pendidik yang baru lulus kuliah dan merupakan bukan sarjana pendidikan guru. c) peraturan pemerintah yang berubah- ubah mengenai kurikulum pendidikan, d) kurangnya sarana prasarana yang menunjang pengimplementasian peningkatan kompetensi guru di kelas.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...