JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 8 No. 3 (2024)

Fenomena Bullying terhadap Anak Berkebutuhan Khusus: Tinjauan Literatur

Rahmi, Harsa Afifatur (Unknown)
Satrianis, Afifa (Unknown)
Tohar, Ahmaddin Ahmad (Unknown)



Article Info

Publish Date
26 Nov 2024

Abstract

Penelitian ini mengkaji fenomena bullying terhadap siswa berkebutuhan khusus di SMP Negeri 8 Depok, dengan fokus pada dampak fisik dan psikologis yang dialami oleh korban. Kasus bullying yang dialami oleh seorang siswa berinisial R menunjukkan bahwa tindakan kekerasan ini tidak hanya menyebabkan cedera fisik, tetapi juga trauma emosional yang mendalam. Metode penelitian yang digunakan adalah studi kepustakaan untuk mengidentifikasi faktor penyebab dan dampak bullying. Hasil penelitian menunjukkan perlunya pendekatan kolaboratif antara sekolah, orang tua, dan komunitas untuk menciptakan lingkungan yang aman dan inklusif. Program anti-bullying yang efektif dan dukungan psikologis yang memadai sangat penting untuk mengurangi insiden bullying dan mendukung siswa berkebutuhan khusus dalam mengatasi trauma. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan wawasan bagi pihak terkait dalam menangani masalah bullying di sekolah.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...