Pengelolaan laboratorium merupakan suatu usaha untuk mengelola semua perangkat laboratorium yang diharapkan dapat meningkatkan mutu pembelajaran. Suatu laboratorium dapat dikelola dengan baik ditentukan dari beberapa faktor yang saling berkaitan satu sama lain. Berdasarkan hasil observasi awal di SMPS Ekadura Lestari terdapat 1 laboratorium IPA yang dikelola oleh guru IPA secara bersama. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui manajemen pengelolaan, faktor pendukung dan faktor penghambat serta solusi untuk manajemen pengelolaan laboratorium IPA di SMPS Ekadura Lestari. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan pendekatan naturalistik. Subjek penelitian ini adalah Kepala Sekolah, wakil kepala kurikulum dan sarana prasarana serta Guru IPA. Pengumpulan data dilakukan dengan tiga cara yaitu, angket, wawancara dan dokumentasi dengan menggunakan instrumen berupa angket, Lembar pertanyaan wawancara dan daftar cek dokumen. Dari hasil penelitian pengelolaan laboratorium IPA yang meliputi aspek: 1) Perencanaan, 2) Pengorganisasian, 3) Pelaksanaan, 4) Pengawasan dan Evaluasi sudah terlaksana dengan baik yang berada pada kategori sedang. Terdapat Faktor pendukung utama dalam pengelolaan laboratorium SMPS Ekadura Lestari yaitu dukungan manajemen sekolah dan kerjasama tim, sedangkan faktor penghambat utama adalah keterbatasan ruang dan kurangnya pelatihan teknis. Beberapa faktor penghambat tersebut memiliki beberapa solusi meliputi penggunaan ruang alternatif dan pelatihan rutin untuk teknisi laboratorium.
Copyrights © 2024