Mutu pendidikan adalah satu hal yang penting untuk selalu ditingkatkan dari masa ke masa. Hal ini merupakan salah satu cara untuk memenuhi kebutuhan sekolah dan menyesuaikan dengan kebutuhan Masyarakat sekitar. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana perencanaan pelaksanaan atau implementasi, pengawasan dan evaluasi program peningkatan mutu Pendidikan yang ada di SMA IT ICBS Payakumbuh. Dalam penelitian ini digunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Sementara itu, untuk teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Adapun subjek dalam penelitian ini adalah Kepala Sekolah, Wakil Kepala Sekolah, Ketua MGMP, Komite Sekolah dan Pengawas yang ada di SMA IT ICBS Payakumbuh. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Peningkatan mutu pendidikan disusun dan direncanakan oleh Kepala Sekolah melalui penyusunan program sekolah sesuai dengan visi dan misi sekolah yang ada di SMA IT ICBS Payakumbuh. (2) Pelaksanaan atau implementasi dari program yang dibuat untuk meningkatkan mutu pendidikan dilakukan dengan cara menjalankan seluruh program sekolah yang telah disusun seperti: pemberian tugas dalam kegiatan intrakulikuler dan ekstrakulikuler, memberi motivasi penuh kepada guru-guru yang ingin dan akan melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi, mengadakan seminar dengan mendatangkan narasumber luar, mengadakan rapat dan evaluasi rutin setiap minggu, bulan, dan tahun, serta mengoptimalkan peran Komite Sekolah (3) Program peningkatan mutu pendidikan wajib diawasi oleh Kepala Sekolah kepada seluruh elemen sekolah pada awal dan akhir semester.
Copyrights © 2024