JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 8 No. 3 (2024)

Strategi Peningkatan Mutu Pendidikan di SMA IT ICBS Payakumbuh

Khairan, Ihsan (Unknown)
Sesmiarni, Zulfani (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Nov 2024

Abstract

Mutu pendidikan adalah satu hal yang penting untuk selalu ditingkatkan dari masa ke masa. Hal ini merupakan salah satu cara untuk memenuhi kebutuhan sekolah dan menyesuaikan dengan kebutuhan Masyarakat sekitar. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana perencanaan pelaksanaan atau implementasi, pengawasan dan evaluasi program peningkatan mutu Pendidikan yang ada di SMA IT ICBS Payakumbuh. Dalam penelitian ini digunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Sementara itu, untuk teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Adapun subjek dalam penelitian ini adalah Kepala Sekolah, Wakil Kepala Sekolah, Ketua MGMP, Komite Sekolah dan Pengawas yang ada di SMA IT ICBS Payakumbuh. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Peningkatan mutu pendidikan disusun dan direncanakan oleh Kepala Sekolah melalui penyusunan program sekolah sesuai dengan visi dan misi sekolah yang ada di SMA IT ICBS Payakumbuh. (2) Pelaksanaan atau implementasi dari program yang dibuat untuk meningkatkan mutu pendidikan dilakukan dengan cara menjalankan seluruh program sekolah yang telah disusun seperti: pemberian tugas dalam kegiatan intrakulikuler dan ekstrakulikuler, memberi motivasi penuh kepada guru-guru yang ingin dan akan melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi, mengadakan seminar dengan mendatangkan narasumber luar, mengadakan rapat dan evaluasi rutin setiap minggu, bulan, dan tahun, serta mengoptimalkan peran Komite Sekolah (3) Program peningkatan mutu pendidikan wajib diawasi oleh Kepala Sekolah kepada seluruh elemen sekolah pada awal dan akhir semester.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...