JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 8 No. 3 (2024)

Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Peserta Didik Kelas VIII di MTsN 2 Padang Pariaman

Wahyuna, Fitra (Unknown)
Sepriyanti, Nana (Unknown)
Yulia, Yulia (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Dec 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menerapkan model pembelajaran Numbered Head Together (NHT) agar kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik meningkat. Jenis penelitian ini adalah eksperimen dalam bentuk quasy experiment dan rancangannya randomized control group only design. Populasi penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII MTsN 2 Padang Pariaman tahun ajaran 2024/2025. Menggunakan teknik simple random sampling diperoleh kelas VIII.1 sebagai kelas eksperimen dengan model NHT dan VIII.7 sebagai kelas control dengan model pembelajaran Ekspositori. Berdasarkan hasil tes, diperoleh nilai rata-rata hasil tes yaitu kelas eksperimen 83,89 dan kelas kontrol 73,68. Berdasarkan uji-t dengan a = 0.05 pada selang kepercayaan 95% diperoleh  > = (2,97 > 1,67). Dengan demikian  ditolak dan  diterima, artinya kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik dengan model NHT lebih tinggi daripada kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik dengan model pembelajaran Ekspositori. Kesimpulannya penerapan model pembelajaran NHT dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis perserta didik.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...