JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 8 No. 3 (2024)

Analisis Penerapan Permainan Puzzle dalam Pembelajaran Matematika Materi Operasi Hitung untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Pada Siswa Sekolah Dasar

Tambunan, Rose D.O. (Unknown)
Siahaan, Stevi Adinda (Unknown)
Karo, Lindi Apriantika Br (Unknown)
Mailani, Elvi (Unknown)
Ketaren, Maya Alemina (Unknown)



Article Info

Publish Date
06 Dec 2024

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah mengkaji seberapa efektif penggunaan permainan puzzle dalam proses pembelajaran matematika, terutama terkait materi operasi hitung, guna meningkatkan kemampuan siswa sekolah dasar dalam memecahkan masalah. Permainan puzzle, sebagai media pembelajaran interaktif, melibatkan siswa dengan menantang mereka untuk menyelesaikan masalah melalui pemikiran logis, analisis, dan kreativitas. Melalui aktivitas puzzle, siswa tidak hanya memperdalam pemahaman mereka terhadap konsep matematika, tetapi juga mengembangkan kemampuan berpikir kritis dan pemecahan masalah. Metode ini menciptakan lingkungan pembelajaran yang menyenangkan dan aktif, mendorong rasa ingin tahu dan meningkatkan motivasi siswa. Integrasi permainan puzzle terbukti menjadi strategi yang signifikan dalam meningkatkan keterlibatan siswa dan pemahaman terhadap operasi hitung, yang berujung pada peningkatan hasil akademik dan keterampilan pemecahan masalah jangka panjang.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...