JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 8 No. 3 (2024)

Analisis Pendekatan Roland Barthes dalam Lirik Lagu Bertaut Karya Nadin Amizah

Al-Zhaqi, Fiqri (Unknown)
Rozanata, Nafira (Unknown)
Inayah, Siti (Unknown)
Firmansyah, Dodi (Unknown)



Article Info

Publish Date
06 Dec 2024

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menjelaskan makna konotasi dan mitos yang terdapat dalam lagu Bertaut karya Nadin Amizah menggunakan Teori Roland Barthes. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini yaitu kualitatif interpretatif dengan menggunakan lagu Bertaut karya Nadin Amizah menjadi subjek penelitian. Pengamatan dan mendengarkan lagu Nadin Amizah yang berjudul "Bertaut. Amizah" digunakan sebagai metode pengumpulan data. Metode untuk analisis data yang telah dilaksanakan dengan mengumpulkan dan memeriksa makna dan mitos dari setiap kalimat dalam lagu tersebut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa makna konotasi lagu Bertaut karya Nadin Amizah dalam liriknya memiliki makna konotasi yang tersirat, khususnya cinta dan kedekatan yang intens yang dimiliki oleh seorang ibu dan anak hingga maut memisahkan mereka. Selain itu, lagu Bertaut oleh Nadin Amizah mengandung mitos pada kata “sayang” dapat dikatakan sebagai mitos karna digunakan untuk menggambarkan hubungan emosional manusia terhadap manusia lainnya dan dirasakan yang berkaitan dengan kasih sayang dan kepedulian. Akan tetapi, wujud nyata ‘sayang’ tidak dapat dilihat secara bentuk objeknya.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...