JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 8 No. 3 (2024)

Pengembangan Media Pembelajaran Kartu Domino Berbasis Budaya Melayu Riau pada Mata Pelajaran Matematika Materi Pecahan untuk Kelas IV di SDN 141 Pekanbaru

Agriani, Retno Dwi (Unknown)
Ain, Siti Quratul (Unknown)



Article Info

Publish Date
07 Dec 2024

Abstract

Salah satu ciri matematika adalah memiliki objek kajian yang bersifat abstrak. Sifat abstrak ini yang menjadi salah satu kendala bagi peserta didik, dimana mengalami kesulitan dalam memahami konsep-konsep pada matematika. Pendekatan pembelajaran matematika yang efektif dapat diimplementasikan dengan memanfaatkan alat peraga atau media pembelajaran. Melalui pembelajaran matematika yang efektif, siswa dapat mengembangkan pemahaman konsep matematika yang baik dan meningkatkan kemampuan pemecahan masalah secara efisien. Penelitian ini bertujuan untuk menciptakan suatu media yang dapat meningkatkan minat belajar dan menarik perhatian siswa, serta mengatasi kesulitan dalam memahami materi pecahan. Media yang akan dikembangkan adalah kartu domino, dengan tujuan memberikan kemudahan dalam menyampaikan materi pembelajaran. Pada penelitian ini penulis menggunakan metode penelitian R&D. Adapun model Penelitian ini menggunakan model penelitian ADDIE. Subjek penelitian dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN 141 Pekanbaru yang berjumlah 30 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah observasi, wawancara dan angket. Teknik analisis data dalam penelitian ini data yang diperlukan adalah data kualitatif dan data kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sesuai dengan kriteria validasi yang telah ditetapkan oleh para validator, media pembelajaran berbentuk media kartu domino berbasis Budaya Melayu Riau yang dibuat sangat efektif. Hasil validasi oleh ahli materi pembelajaran menunjukkan bahwa angka penilaian untuk kriteria "sangat valid" adalah 91,5%, dan hasil validasi oleh ahli media menunjukkan bahwa angka penilaian untuk kriteria "sangat valid" adalah 85%. Dengan kata lain, rata-rata untuk kriteria "sangat svalid" adalah 88,25%.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...