Pendidikan inklusi merupakan salah satu kebijakan pemerintah dalam pemerataan pendidikan disemua kalangan masyarakat, aspek penting yang menjadi salah satu prioritas dalam kehidupan manusia adalah pendidikan. Hak untuk memperoleh pendidikan yang layak tentu dimiliki oleh semua orang termasuk anak berkebutuhan khusus (ABK). Program pendidikan inklusi tentunya memiliki tantangan tersendiri bagi kepala sekolah dan guru di lembaga pendidikan. Mendeskripsikan fenomena yang terjadi dalam penyelenggaraan pendidikan inklusi di kelas III SD Jimboree Primary menjadi tujuan utama dalam penelitian ini. Menganalisis faktor-faktor yang berpengaruh dalam penerapan pendidikan inklusi melalui pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Data dikumpulkan melalui observasi dan wawancara dengan kepala sekolah, guru kelas, serta guru pendamping yang berpengaruh penting dalam pengimplementasian pendidikan inklusi di sekolah dasar. Simpulannya ditemukan faktor pendukung dan penghambat dalam pengimplementasian pendidikan inklusi di sekolah dasar khususnya pada kelas III SD Jimboree Primary dimana pelayan yang layak bagi siswa berkebutuhan khusus secara nyata juga dapat meningkatkan mutu pelayanan Pendidikan.
Copyrights © 2024