Karakter disiplin merupakan perilaku atau kebiasaan yang ditunjukkan oleh seseorang dalam menaati aturan dan hukum yang berlaku. Masalah kedisiplinan siswa masih menjadi tantangan hampir di semua sekolah. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui bagaimana pengaruh pendekatan budaya positif dalam meningkatkan karakter disiplin pada siswa di Sekolah Dasar. Budaya positif merupakan penanaman kebiasaan-kebiasaan baik pada siswa dengan mencontohkan, mengingatkan, apresiasi dan sanksi dalam pelaksanaannya. Adapun karakter disiplin yang diharapkan yakni : 1) Membiasakan hadir tepat waktu, 2) Patuh terhadap aturan yang berlaku di sekolah, 3) Ketaatan dalam menyelesaikan tugas yang diberikan. Metode penilitian yang digunakan dalam penelitian ini yakni Systematic Literature Review (SLR) yakni dengan melakukan analisis penelitian-penelitian yang relevan dan telah dilaksanakan sebelumnya, dimana penelitian itu berkaitan dengan peningkatan karakter disiplin siswa dengan pendekatan budaya positif di sekolah
Copyrights © 2024