JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 8 No. 3 (2024)

Systematic Literature Review : Peningkatan Karakter Disiplin Siswa dengan Pendekatan Budaya Positif di Sekolah Dasar

Sitompul, Iren Ramadhanis (Unknown)
Mahardi, Hendri (Unknown)
Erlisnawati, Erlisnawati (Unknown)



Article Info

Publish Date
09 Dec 2024

Abstract

Karakter disiplin merupakan perilaku atau kebiasaan yang ditunjukkan oleh seseorang dalam menaati aturan dan hukum yang berlaku. Masalah kedisiplinan siswa masih menjadi tantangan hampir di semua sekolah. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui bagaimana pengaruh pendekatan budaya positif dalam meningkatkan karakter disiplin pada siswa di Sekolah Dasar. Budaya positif merupakan penanaman kebiasaan-kebiasaan baik pada siswa dengan mencontohkan, mengingatkan, apresiasi dan sanksi dalam pelaksanaannya. Adapun karakter disiplin yang diharapkan yakni : 1) Membiasakan hadir tepat waktu, 2) Patuh terhadap aturan yang berlaku di sekolah, 3) Ketaatan dalam menyelesaikan tugas yang diberikan. Metode penilitian yang digunakan dalam penelitian ini yakni Systematic Literature Review (SLR) yakni dengan melakukan analisis penelitian-penelitian yang relevan dan telah dilaksanakan sebelumnya, dimana penelitian itu berkaitan dengan peningkatan karakter disiplin siswa dengan pendekatan budaya positif di sekolah

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...