Bullying adalah istilah untuk tindakan kekerasan atau penindasan yang dilakukan oleh pihak yang lebih kuat kepada pihak yang lemah, baik dari segi umur, kekuatan, atau kekuasaan. Bentuk-bentuk bullying termasuk bullying fisik, bullying verbal, dan bullying mental atau psikologis, yang dapat berdampak buruk pada korbannya dalam jangka pendek, seperti gangguan psikologis dan kesulitan menyesuaikan diri dengan masyarakat. Faktor seperti teman sebaya, lingkungan sosial, dan sifat individu pelaku, seperti dendam, dapat mempengaruhi perilaku bullying subjek. Bullying fisik, verbal, dan psikologis adalah tiga jenis bullying yang dilakukan oleh kedua subjek. Bullying fisik adalah menendang, sementara bullying verbal adalah mengejek dan mengolok-olok. Subjek mengalami perasaan dan pikiran puas sebelum dan setelah bullying. Korban bullying mungkin merasa malas untuk pergi ke sekolah, mengganggu konsentrasi siswa, merasa sakit hati, dan malu. Selain itu, korban pelecehan fisik mengalami rasa sakit yang parah dan meninggalkan luka lebam di seluruh tubuhnya. tidak ada penyesalan dari subjek karena kurangnya rasa empati pelaku terhadap korban. Penelitian ini menggunakan metode penelitian Literatur Review yakni penelitian yang dilakukan dengan mengumpulkan, menganalisis, serta mengevaluasi informasi dari sumber-sumber literatur yang ada. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa adanya faktor-faktor yang mempengaruhi tindakan perundungan (bullying) di sekolah dasar.
Copyrights © 2024