JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 8 No. 3 (2024)

Efektivitas Model Pembelajaran Problem Based Learning dalam Meningkatkan Hasil Belajar dengan Metode Think Pair and Share di Kelas 8E SMPN 36 Surabaya

Rahayu, Yuyun Siti (Unknown)
Listyaningsih, Listyaningsih (Unknown)
Nashichin, Abdulloh (Unknown)



Article Info

Publish Date
10 Dec 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui efektivitas penerapan kombinasi model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dengan metode Think Pair and Share (TPS) dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian yang dilakukan merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian dilakukan dalam dua siklus, di mana data kuantitatif yang dikumpulkan mengenai hasil belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan perbedaan yang signifikan dalam hasil belajar siswa yang menggunakan kombinasi model PBL dan TPS dibandingkan dengan hanya menggunakan PBL saja. Selain itu, hasil belajar siswa meningkat dari 50% di siklus pertama menjadi 81% pada siklus kedua. Penerapan model pembelajaran PBL yang dipadukan dengan metode TPS juga berhasil membantu siswa mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Kombinasi model PBL dengan metode TPS lebih efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa dibandingkan hanya menggunakan Problem Based Learning.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...