JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 8 No. 3 (2024)

Penerapan Metode Permainan untuk Meningkatkan Minat Belajar Matematika di Kelas X-7 SMA Negeri 13 Medan Tahun pelajaran 2024/2025

Zebua, Mesra Belinda (Unknown)
Afriati, Vira (Unknown)
Desniarti, Desniarti (Unknown)
Nurhalizah, Siti (Unknown)



Article Info

Publish Date
10 Dec 2024

Abstract

Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan minat belajar peserta didik kelas X-7 SMA Negeri 13 Medan melalui penerapan metode permainan dalam pembelajaran matematika. Berdasarkan observasi awal, ditemukan bahwa sebagian besar peserta didik tidak menunjukkan minat yang tinggi dalam belajar matematika. Banyak di antaranya yang tidak memperhatikan penjelasan guru, dan metode pembelajaran yang digunakan masih bersifat monoton, yaitu ceramah yang berpusat pada guru. Hal ini menyebabkan peserta didik merasa jenuh selama proses pembelajaran. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, peneliti menerapkan metode permainan dalam pembelajaran matematika. Hasil pengamatan selama penelitian, baik pada siklus I maupun siklus II, menunjukkan bahwa penerapan metode permainan berhasil meningkatkan minat belajar peserta didik. Pembelajaran menjadi lebih menarik, interaktif, dan menyenangkan. Berdasarkan hasil angket, wawancara, dan observasi, terjadi peningkatan signifikan dalam minat belajar peserta didik. Pada tahap pra-siklus, hanya 15% peserta didik yang menunjukkan minat belajar tinggi, sedangkan pada siklus I meningkat menjadi 64%, dan pada siklus II mencapai 80%. Selama pembelajaran, peserta didik terlibat aktif dalam diskusi kelompok dan permainan yang menuntut mereka untuk menyelesaikan soal matematika dengan cepat. Meskipun masih ada beberapa peserta didik yang belum sepenuhnya aktif, jumlahnya menurun signifikan pada siklus II.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...