JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 8 No. 2 (2024)

Pembelajaran Sosial Emosional: Tinjauan terhadap Pendekatan, Praktik dan Tantangan

Nikmah, Luluk Ainun (Unknown)
Fitrianti, Lutfiah Indar (Unknown)
Hilman, Luthvan (Unknown)
Sholikhah, Mar’atus (Unknown)



Article Info

Publish Date
12 Aug 2024

Abstract

Pembelajaran Sosial Emosional (PSE) telah menjadi fokus penting dalam pendidikan kontemporer, dengan tujuan untuk mengembangkan keterampilan sosial, emosional, dan kesejahteraan siswa. Penelitian ini bertujuan untuk melakukan tinjauan terhadap pendekatan, praktik, dan tantangan dalam penerapan PSE. Metode studi pustaka digunakan untuk mengumpulkan dan menganalisis literatur yang relevan dalam bidang ini. Penelitian ini mengidentifikasi beberapa pendekatan yang umum digunakan dalam PSE. Melalui tinjauan ini, penelitian ini memberikan pemahaman yang lebih baik tentang pendekatan, praktik, dan tantangan dalam penerapan PSE. Hasil penelitian ini dapat memberikan panduan bagi pendidik, praktisi, dan pengambil keputusan dalam meningkatkan pelaksanaan PSE di lingkungan pendidikan. Dengan perhatian yang tepat terhadap pendekatan yang sesuai, praktik yang efektif, dan penanganan tantangan yang ada, PSE dapat menjadi bagian integral dari pengalaman belajar siswa yang memberikan manfaat jangka panjang bagi perkembangan mereka.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...