JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 8 No. 3 (2024)

Analisis Struktur dan Bahasa dalam Teks Proposal Kegiatan: Implikasi untuk Pembelajaran Bahasa Indonesia

Gurusinga, Imanuel P (Unknown)
Purba, Hot Pardomuan (Unknown)
Tarigan, David Eikel Suranta (Unknown)
Lumbanraja, Wander Juan Felix (Unknown)
Oroh, Mhd. Fahriza Pratama (Unknown)
Sinaga, Tiur Natalia Br (Unknown)
Daulay, Muhammad Anggie Januarsyah (Unknown)



Article Info

Publish Date
13 Dec 2024

Abstract

Teks proposal kegiatan merupakan dokumen krusial dalam komunikasi akademik yang memerlukan penyusunan struktur dan penggunaan bahasa yang sistematis. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis karakteristik struktural dan kebahasaan teks proposal melalui pendekatan kualitatif dengan metode studi literatur. Data dikumpulkan dari berbagai sumber pustaka, termasuk buku metodologi, jurnal ilmiah, dan referensi kebahasaan. Analisis data dilakukan melalui tahapan reduksi, penyajian, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa struktur proposal yang berkualitas terdiri dari elemen-elemen penting seperti judul, latar belakang, tujuan, metode, jadwal, dan anggaran. Aspek kebahasaan yang efektif ditandai oleh penggunaan bahasa formal, pemilihan diksi yang tepat, struktur kalimat yang komunikatif, serta teknik pengutipan yang akurat. Penelitian ini memberikan kontribusi signifikan dalam meningkatkan pemahaman akademik mengenai kualitas teks proposal kegiatan dalam konteks pembelajaran Bahasa Indonesia.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...