JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 8 No. 3 (2024)

Lingkungan Sebaya Dalam Upaya Mengeksplorasi Identitas Remaja Menurut Teori Psikososial Erikson

Suparmi, Suparmi (Unknown)
Bintang, Jasmine Mutiara (Unknown)
Moewardi, Istar (Unknown)



Article Info

Publish Date
14 Dec 2024

Abstract

Masa remaja merupakan periode penting dalam perkembangan psikososial seorang individu, terutama dalam proses eksplorasi identitas. Lingkungan sebaya menjadi salah satu faktor yang perlu dipertimbangkan dalam proses eksplorasi identitas seorang remaja, karena remaja cenderung mencari dukungan dan pengakuan dari luar keluarga. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis lingkungan sebaya dalam upaya mengeksplorasi identitas pada remaja dengan menggunakan kerangka teori perkembangan psikososial Erikson. Metode penelitian menggunakan studi literatur dengan menganalisis penelitian terdahulu yang relevan terhadap judul penelitian. Hasil penelitian ditemukan bahwa dukungan sosial dari teman sebaya memiliki peran yang signifikan dalam membentuk identitas, meningkatkan rasa percaya diri, dan membantu mengatasi kebingungan identitas. 

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...