Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi pelaksanaan Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) di tingkat Sekolah Dasar dalam konteks Kurikulum Merdeka, yang berfokus pada pengembangan karakter siswa sesuai nilai-nilai Pancasila. Kajian dilakukan menggunakan metode kualitatif deskriptif melalui studi literatur terhadap 10 artikel ilmiah. Hasil kajian menunjukkan bahwa sebagian besar guru menghadapi berbagai kendala, termasuk miskonsepsi dalam perencanaan dan pelaksanaan P5, keterbatasan pelatihan, serta kurangnya strategi implementasi yang efektif. Penelitian ini juga menemukan pentingnya pelatihan termasuk pelatihan berbasis platform digital, lokakarya, dan kolaborasi antarguru untuk meningkatkan pemahaman dan kompetensi guru. Saran perbaikan meliputi penguatan panduan teknis, pelatihan berkelanjutan, dan berbagi praktik baik. Penelitian ini diharapkan dapat menjadi referensi bagi pembuat kebijakan dan institusi pendidikan dalam meningkatkan kualitas implementasi P5 di Sekolah Dasar.
Copyrights © 2024