JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 8 No. 3 (2024)

Pelaksanaan P5 Pada Tingkat Sekolah Dasar (SD)

Yovinda, A. Noven (Unknown)
Masbirorotni, Masbirorotni (Unknown)
Mulyadi, Mulyadi (Unknown)



Article Info

Publish Date
15 Dec 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi pelaksanaan Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) di tingkat Sekolah Dasar dalam konteks Kurikulum Merdeka, yang berfokus pada pengembangan karakter siswa sesuai nilai-nilai Pancasila. Kajian dilakukan menggunakan metode kualitatif deskriptif melalui studi literatur terhadap 10 artikel ilmiah. Hasil kajian menunjukkan bahwa sebagian besar guru menghadapi berbagai kendala, termasuk miskonsepsi dalam perencanaan dan pelaksanaan P5, keterbatasan pelatihan, serta kurangnya strategi implementasi yang efektif. Penelitian ini juga menemukan pentingnya pelatihan termasuk pelatihan berbasis platform digital, lokakarya, dan kolaborasi antarguru untuk meningkatkan pemahaman dan kompetensi guru. Saran perbaikan meliputi penguatan panduan teknis, pelatihan berkelanjutan, dan berbagi praktik baik. Penelitian ini diharapkan dapat menjadi referensi bagi pembuat kebijakan dan institusi pendidikan dalam meningkatkan kualitas implementasi P5 di Sekolah Dasar.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...