JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 8 No. 3 (2024)

Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Peserta Didik Materi Luas Bangun Datar Kelas IV SDN 067980 Medan Denai

Pasaribu, Yusri Kurnia (Unknown)
Mailani, Elvi (Unknown)
Nurmayani, Nurmayani (Unknown)
Simanjuntak, Eva Betty (Unknown)
Simanihuruk, Lidia (Unknown)



Article Info

Publish Date
16 Dec 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan pemecahan masalah peserta didik kelas IV SD dalam materi luas bangun datar dengan menggunakan teori Newman. Teori Newman berfokus pada lima tahap dalam pemecahan masalah, yaitu memahami soal, menyusun strategi, melaksanakan strategi, memeriksa kembali, dan menarik kesimpulan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif untuk mengeksplorasi bagaimana siswa menerapkan setiap tahap dalam proses pemecahan masalah. Data dikumpulkan melalui tes, wawancara, dan observasi yang dilakukan pada sekelompok siswa kelas IV SD. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar siswa mampu memahami soal dan menyusun strategi dengan baik, namun kesulitan ditemukan pada tahap pelaksanaan dan pemeriksaan kembali. Faktor yang mempengaruhi kesulitan ini antara lain kurangnya pemahaman konsep dan keterbatasan waktu dalam mengerjakan soal. Temuan ini memberikan wawasan tentang pentingnya penerapan metode pembelajaran yang lebih mendalam dan pemberian latihan lebih intensif pada tahap pelaksanaan strategi untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...