JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 8 No. 3 (2024)

Pemanfaatan Aplikasi Canva sebagai Media Pembuatan Bahan Ajar Seni Tari

Cicilia, Angelika Yesyurun (Unknown)
Nurmala, Nurmala (Unknown)
Mendrofa, Petra Ledi Cahyani (Unknown)



Article Info

Publish Date
17 Dec 2024

Abstract

Penelitian ini membahas pemanfaatan aplikasi Canva sebagai media pembuatan bahan ajar seni tari untuk meningkatkan kualitas pembelajaran. Metode yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan model pengembangan 4D (Define, Design, Develop, Disseminate). Hasil penelitian menunjukkan bahwa Canva mempermudah proses pembuatan bahan ajar yang inovatif, menarik, dan interaktif. Pada tahap pendefinisian, dilakukan analisis kebutuhan, siswa, dan kurikulum, yang mengidentifikasi perlunya bahan ajar berbasis digital untuk meningkatkan antusiasme peserta didik terhadap seni tari. Tahap perancangan mencakup penyusunan bahan ajar dengan elemen visual menarik seperti teks, gambar, video, dan animasi. Pada tahap pengembangan, bahan ajar disusun menggunakan Canva, yang menawarkan kemudahan desain dan aksesibilitas. Terakhir, tahap penyebarluasan dilakukan melalui tautan interaktif, memastikan bahan ajar dapat diakses dengan mudah oleh guru dan siswa. Kesimpulan penelitian ini menunjukkan bahwa Canva adalah alat efektif dalam mendukung pembelajaran seni tari, meningkatkan keterlibatan siswa, serta relevan dengan kebutuhan pendidikan era digital.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...