Pemahaman terhadap Pancasila pada siswa kelas VI di SD Negeri Wates 01 Semarang rendah, maka diperlukan Upaya dalam meningkatkan permasalahan ini. Hal tersebut menjadi tujuan utama peneliti untuk memadukan pengembangan media inovatif dan penggunaan model pembelajaran Problem Based Learning untuk meningkatkan pemahaman Pancasila dan implementasi Pancasila pada peserta didik kelas VI SD Negeri Wates 01 Semarang. Metode penilitian digunakan adalah metode gabungan kualitatif dan kuantitatif (Mixed Method). Peneliti menggunakan dua media pembelajaran yaitu konkret papan AYENO dan media digital berupa powerpoint. Berdasarkan hasil evaluasi pada dua pertemuan yang sudah dilakukan hasil siswa yang sudah mencapai KKTP sangat banyak, dari 30 siswa terdapat 90% siswa yang telah mencapai KKTP hal ini membuktikan bahwa penggunaan media pembelajaran inovatif efektif untuk meningkatkan kemampuan pemahaman siswa. Maka dapat disimpulkan bahwa menggunaan media inovatif pada Pendidikan Pancasila untuk peserta didik kelas VI SD Negeri Wates 1 Semarang dapat meningkatkan pemahaman terhadap Pendidikan Pancasila.
Copyrights © 2024