Pengukuran kepuasan pembelajaran yang akurat memerlukan instrumen yang valid dan reliabel untuk menilai efektivitasnya terhadap prestasi akademik siswa. Di tengah tuntutan peningkatan kualitas pendidikan, khususnya di tingkat SMP, pengembangan instrumen survei yang tervalidasi menjadi kebutuhan mendasar bagi institusi pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan menguji reliabilitas instrumen survei kepuasan pembelajaran serta menganalisis hubungannya dengan prestasi akademik siswa kelas 9 di SMP Dharma Wanita 1 Gedangan. Metode penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain pengembangan instrumen. Sampel penelitian terdiri dari 29 siswa kelas 9 yang dipilih menggunakan teknik simple random sampling. Pengembangan instrumen dilakukan melalui tahapan pengumpulan data, uji validitas dan uji reliabilitas menggunakan metode Alpha Cronbach. Menggunakan uji reliabilitas untuk memastikan konsistensi data, yang kemudian digunakan untuk menganalisis faktor-faktor yang memengaruhi prestasi siswa. Hasilnya mengindikasikan bahwa lingkungan belajar yang memadai dan kepuasan siswa terhadap metode pengajaran berkontribusi besar terhadap prestasi akademik yang lebih tinggi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa instrumen survei yang dikembangkan memiliki tingkat reliabilitas tinggi dengan koefisien Alpha Cronbach sebesar 0,787. Penelitian ini menghasilkan instrumen survei yang reliabel untuk mengukur kepuasan pembelajaran dan membuktikan pentingnya kepuasan pembelajaran dalam meningkatkan prestasi akademik siswa SMP Dharma Wanita 1 Gedangan.
Copyrights © 2024