JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 8 No. 3 (2024)

Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa Ditinjau Dari Gaya Belajar Kolb

Indah Febriani, Putri (Unknown)
Rahmi, Fathur (Unknown)
Fitri, Haida (Unknown)
Rahmat, Tasnim (Unknown)



Article Info

Publish Date
23 Dec 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan berpikir kritis matematis siswa ditinjau dari gaya belajar Kolb. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini yaitu purposive sampling dan subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII di SMP Negeri 1 Tanjung Raya. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah instrumen utama yaitu peneliti sendiri dan instrumen pendukung yaitu soal tes kemampuan berpikir kritis matematis dan pedoman wawancara. Teknik analisis data dalam penelitian ini terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan siswa dengan gaya belajar diverger memiliki kemampuan berpikir kritis pada kategori tinggi, siswa dengan gaya belajar assimilator memiliki kemampuan berpikir kritis pada kategori sedang, siswa dengan gaya belajar converger memiliki kemampuan berpikir kritis pada kategori sedang, dan siswa dengan gaya belajar accomodator memiliki kemampuan berpikir kritis pada kategori rendah.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...