JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 8 No. 3 (2024)

Persepsi Siswa terhadap Guru BK dalam Memberikan Pelayanan Informasi di SMP 8 Sarolangun

Rahmah, Miftahul (Unknown)
Fadila, Fadila (Unknown)
Hartini, Hartini (Unknown)



Article Info

Publish Date
24 Dec 2024

Abstract

Siswa SMP yang tidak memahami peran guru BK menyebabkan siswa memiliki persepsi positif dan negatif. Siswa melihat peran guru BK dalam memberikan layanan informasi dengan cara yang baik. Siswa yang dekat dengan guru BK mereka akan merasa senang saat dipanggil ke ruang BK. Siswa bisa lebih terbuka dan sering berbicara tentang masalah yang mereka pikir mereka tidak dapat menyelesaikannya sehingga mereka meminta bantuan guru BK mereka. Siswa yang dekat dengan guru BK mereka juga memiliki rasa kenyamanan tersendiri untuk berkomunikasi dengan guru BK mereka, sehingga siswa tidak merasakan cemas atau ketakutan saat masuk ke ruang BK. Jenis penelitian dalam penelitian penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif dengan lokasi penelitian di SMP 8 Sarolangun dengan jumlah sampel 101,untuk pengumpulan data megunakan penyebaratb istrumet angket .Penelitian ini menggunakan analisis pengolahan data dengan menggunakan teknik persentase. Berdasarkan hasil analisis deskriptif presisip siswa di proleh data 24 siswa (23.76%) berada pada kategori sangat tinggi, 59 siswa (58.42%) berada pada kategori tinggi, 22 siswa (21.78%) berada pada kategori sedang, 6 siswa (5.94%) berada pada kategori rendah dan 0 siswa (0%) berada pada kategori sangat rendah. Nilai rata-rata keseluruhan berada pada angka 28.41 Hal ini menunjukkan, bahwa studi tentang persepsi siswa terhadap pelayanan informasi di SMP 8 Sorolingun dinilai baik oleh siswa. dengan kriteria rata-rata berada pada kategori tinggi.Berdasarkan hasil analisis deskriptif guru bk dalam memberikan pelayanan informasi di proleh data 41 siswa (40.59%) berada pada kategori sangat tinggi, 56 siswa (55.45%) berada pada kategori tinggi, 12 siswa (11.88%) berada pada kategori sedang, 2 siswa (1.98%) berada pada kategori rendah dan 0 siswa (0%) berada pada kategori sangat rendah. Nilai rata-rata keseluruhan berada pada angka 30.08 Hal ini menunjukkan, bahwa pelayanan informasi yang di berikan oleh guru bk di SMP 8 Sorolingun sudah baik dengan kriteria rata-rata berada pada kategori tinggi

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...