Siswa SMP yang tidak memahami peran guru BK menyebabkan siswa memiliki persepsi positif dan negatif. Siswa melihat peran guru BK dalam memberikan layanan informasi dengan cara yang baik. Siswa yang dekat dengan guru BK mereka akan merasa senang saat dipanggil ke ruang BK. Siswa bisa lebih terbuka dan sering berbicara tentang masalah yang mereka pikir mereka tidak dapat menyelesaikannya sehingga mereka meminta bantuan guru BK mereka. Siswa yang dekat dengan guru BK mereka juga memiliki rasa kenyamanan tersendiri untuk berkomunikasi dengan guru BK mereka, sehingga siswa tidak merasakan cemas atau ketakutan saat masuk ke ruang BK. Jenis penelitian dalam penelitian penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif dengan lokasi penelitian di SMP 8 Sarolangun dengan jumlah sampel 101,untuk pengumpulan data megunakan penyebaratb istrumet angket .Penelitian ini menggunakan analisis pengolahan data dengan menggunakan teknik persentase. Berdasarkan hasil analisis deskriptif presisip siswa di proleh data 24 siswa (23.76%) berada pada kategori sangat tinggi, 59 siswa (58.42%) berada pada kategori tinggi, 22 siswa (21.78%) berada pada kategori sedang, 6 siswa (5.94%) berada pada kategori rendah dan 0 siswa (0%) berada pada kategori sangat rendah. Nilai rata-rata keseluruhan berada pada angka 28.41 Hal ini menunjukkan, bahwa studi tentang persepsi siswa terhadap pelayanan informasi di SMP 8 Sorolingun dinilai baik oleh siswa. dengan kriteria rata-rata berada pada kategori tinggi.Berdasarkan hasil analisis deskriptif guru bk dalam memberikan pelayanan informasi di proleh data 41 siswa (40.59%) berada pada kategori sangat tinggi, 56 siswa (55.45%) berada pada kategori tinggi, 12 siswa (11.88%) berada pada kategori sedang, 2 siswa (1.98%) berada pada kategori rendah dan 0 siswa (0%) berada pada kategori sangat rendah. Nilai rata-rata keseluruhan berada pada angka 30.08 Hal ini menunjukkan, bahwa pelayanan informasi yang di berikan oleh guru bk di SMP 8 Sorolingun sudah baik dengan kriteria rata-rata berada pada kategori tinggi
Copyrights © 2024