JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 8 No. 3 (2024)

Keterampilan Bahasa Produktif Sebagai Fondasi Penting bagi Kesuksesan Akademik dan Karier

Ritonga, Alda Kahfifah (Unknown)
Azizah, Nurul (Unknown)
Pardede, Fadhylah Zaini (Unknown)
Daulay, Intan Maharani (Unknown)
Hutatabarat, Rani Theresia (Unknown)



Article Info

Publish Date
24 Dec 2024

Abstract

Keterampilan bahasa yang produktif, termasuk berbicara dan menulis, memainkan peran penting dalam kesuksesan akademik dan karier. Artikel ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana kompetensi ini dapat menjadi dasar untuk mendukung individu dalam akademik dan dunia kerja. Untuk mencapai tujuan ini, penulis menggunakan metode kajian literatur yang diperoleh melalui Google Scholar, dengan menganalisis berbagai penelitian terkait keterampilan bahasa produktif dalam konteks akademik dan profesional.Dalam lingkungan akademis, keterampilan presentasi memungkinkan siswa berpartisipasi aktif dalam diskusi, mengkomunikasikan gagasan dengan jelas, dan menciptakan interaksi yang bermakna. Di sisi lain, keterampilan menulis juga diperlukan untuk menghasilkan karya ilmiah yang terstruktur dan bernilai tinggi. Berdasarkan hasil analisis, ditemukan bahwa penguasaan keterampilan ini berkorelasi positif dengan peningkatan kemampuan berpikir kritis dan adaptif.Di tempat kerja, keterampilan berbicara dan menulis berkontribusi pada keberhasilan komunikasi profesional, persiapan laporan, dan presentasi ide yang efektif. Temuan ini menunjukkan bahwa pendekatan terencana, seperti pelatihan berkelanjutan dan penggunaan teknik menulis ilmiah, dapat secara signifikan meningkatkan produktivitas dan kreativitas.Dengan demikian, keterampilan bahasa produktif menjadi elemen fundamental dalam meraih keberhasilan di berbagai bidang kehidupan, sekaligus mendukung pengembangan kemampuan berpikir kritis, kreatif, dan adaptif.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...