Perencanaan karir merupakan salah satu bagian yang penting dalam perkembangan karir setiap individu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah layanan bimbingan klasikal menggunakan multimedia berpengaruh untuk meningkatkan perencanaan karir siswa tingkat SMK. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. menggunakan metode eksperimen dengan desain one grup pre test-post test, dengan rancangan satu kelompok subjek. Adapun pengumpulan data dilakukan melalui penyebaran skala perencanaan karir yang selanjutnya dianalisis menggunakan uji Paired T-test dengan bantuan program SPSS Versi 25. Penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan tingkat perencanaan karir siswa sebelum dan sesudah pelaksanaan bimbingan klasikal. Kemudian didapat pengaruh layanan bimbingan klasikal terhadap perencanaan karir siswa dengan perolehan kontribusi sebesar 32% sisanya 68% dipengaruhi oleh faktor faktor lainnya seperti pengaruh media lain, lingkungan, dukungan orang tua ataupun diri siswa tersebut.
Copyrights © 2024