JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 8 No. 3 (2024)

Peningkatan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Model Problem Based Learning Berbatuan Media Quizizz pada Mata Pelajaran IPAS di Kelas IVSD Negeri 064986 Medan Amplas

Aisyah, Siti (Unknown)
Wardani, Hizmi (Unknown)
Siregar, Nurhafni (Unknown)
Siregar, Masdewani (Unknown)
Sitinjak, Welrino (Unknown)



Article Info

Publish Date
25 Dec 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik dengan model Problem Based Learning (PBL) berbantuan quizizz pada mata pelajaran IPAS kelas V SD Negeri 064986 Medan Amplas. Jenis penelitian yang dilakukan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian Tindakan Kelas (PTK) atau Clasroom Action Research dalam Bahasa Inggris adalah sebuah penelitian tindakan yang secara spesifik meneliti tindakan-tindkaan yang bisa digunakan untuk kemajuan dan keefektifan pembelajaran di kelas. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, bahwa penggunaan model pembelajaran Problem Based Learning berbantuan quizizz di kelas IV SD Negeri 064986 Medan Amplas. Peningkatan hasil belajar siswa ditandai dengan kriteria ketuntasan keberhasilan yang ditentukan sudah tercapai yaitu ≥75% siswa yang mendapatkan nilai sama atau melebihi KKM, KKM yang diberlakukan untuk mata pelajaran IPAS yaitu 75. Pada kegiatan siklus 1, hanya 6 orang yang tuntas pada pembelajaran dan hasil yang diperoleh hanya 37% dengan rata-rata 71,56. Sementara terjadi peningkatan hasil belajar pada siklus 2 dengan presentase 87.5% dan rata-rata 78.62, yang mana hasil tersebut sudah dikategorikan baik.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...