JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 8 No. 3 (2024)

Penggunaan Pendekatan TPACK untuk Meningkatkan Keaktifan Siswa pada Pembelajaran Pendidikan Pancasila Kelas V SDN 060812 Medan Amplas

Khoiriah, Nikmatul (Unknown)
Sirait, Dahlia (Unknown)
Sujarwo, Sujarwo (Unknown)
Erlinda, Erlinda (Unknown)
Lubis, Lisa Anggia (Unknown)



Article Info

Publish Date
25 Dec 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk : mengetahui tingkat keaktifan peserta didik dengan menggunakan pendekatan TPACK pada peserta didik kelas V SDN 060812 Medan Amplas. Jenis penelitian pada penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas ( PTK) Kemmis Dan Mc Taggart. Subjek pada penelitian ini adalah peserta didik kelas V SDN 060812 Medan Amplas yang berjumlah 23 siswa yang terdiri dari 14 laki-laki dan 9 perempuan. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi. Dan instrumen penelitian menggunakan lembar observasi. Hasil penelitian diperoleh menunjukkan : Berdasarkan penelitian tindakan kelas yang telah dilaksanakan pada peserta didik kelas V SDN 060812 Medan Amplas yang dilaksanakan selama 2 siklus, maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan pendekatan TPACK dapat meningkatkan keaktifan siswa pada pembelajaran pendidikan pancasila di kelas V SDN 060812 Medan Amplas. Adapun hasil siklus I dan siklus II meningkat sebesar 17,8%. Dengan adanya peningkatan hasil dari siklus I ke siklus II menunjukkan bahwa penggunaan pendekatan TPACK yang telah dilaksanakan dapat meningkatkan keaktifan belajar peserta didik.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...