Penelitian ini bertujuan untuk : mengetahui tingkat keaktifan peserta didik dengan menggunakan pendekatan TPACK pada peserta didik kelas V SDN 060812 Medan Amplas. Jenis penelitian pada penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas ( PTK) Kemmis Dan Mc Taggart. Subjek pada penelitian ini adalah peserta didik kelas V SDN 060812 Medan Amplas yang berjumlah 23 siswa yang terdiri dari 14 laki-laki dan 9 perempuan. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi. Dan instrumen penelitian menggunakan lembar observasi. Hasil penelitian diperoleh menunjukkan : Berdasarkan penelitian tindakan kelas yang telah dilaksanakan pada peserta didik kelas V SDN 060812 Medan Amplas yang dilaksanakan selama 2 siklus, maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan pendekatan TPACK dapat meningkatkan keaktifan siswa pada pembelajaran pendidikan pancasila di kelas V SDN 060812 Medan Amplas. Adapun hasil siklus I dan siklus II meningkat sebesar 17,8%. Dengan adanya peningkatan hasil dari siklus I ke siklus II menunjukkan bahwa penggunaan pendekatan TPACK yang telah dilaksanakan dapat meningkatkan keaktifan belajar peserta didik.
Copyrights © 2024