Tujuan dari riset ini yakni (1) Mengetahui apakah penerapan model pembelajaran PBL dengan pendekatan Culturally Responsive Teaching (CRT) berbantuan autograph mampu meningkatkan hasil belajar matematis murid. (2) Mengetahui kenaikan hasil belajar matematis murid sesudah diaplikasikan model pembelajaran PBL dengan pendekatan Culturally Responsive Teaching (CRT) pada topik bangun ruang sisi datar berbantuan autograph. Penelitian tindakan kelas ialah jenis riset ini. Siswa kelas V SDN 060812 Medan pada semester genap T.A. 2022/2023 yang berjumlah 26 orang ialah subjek riset ini. Peningkatan Hasil Belajar matematika siswa dengan mengaplikasikan model pembelajaran PBL dengan pendekatan Culturally Responsive Teaching (CRT) berbantuan autograph pada materi bangun ruang sisi datar termasuk objek penelitian. Instrument riset dalam mengumpulkan informasi ialah tes. Sebelum perlakuan direalisasikan, awalnya dibagikan tes kemampuan awal guna mendapatkan hasil belajar matematika murid. Pada uji awal didapatkan 6 orang (23,07%) siswa yang berhasil dalam menjawab tes hasil belajar matematis matematis. Pada tes siklus I, 13 orang (50%) yang berhasil menyelesaikan tes kemampuan pemecahan masalah. Pada tes siklus II, 23 orang (88,46%) yang berhasil menyelesaikan tes kemampuan pemecahan masalah. Dengan demikian, di kelas VI kemampuan siswa untuk memecahkan masalah matematika telah meningkat dan hasil belajar meningkat ketika mereka menggunakan model pembelajaran PBL dengan pendekatan Culturally Responsive Teaching (CRT) berbantuan autograph.
Copyrights © 2024