Tujuan penelitian adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa di V SDN 064986 melalui penggunaan model Problem Based Learning berbantuan media diorama. Model penelitian tindakan kelas yang akan digunakan dalam penelitian ini diadaptasi dari model Kemmis dan Mc. Taggart Rencana (plan), Tindakan (act), Observasi/pengamatan (observe), Refleksi (reflect). Populasi terdiri dari seluruh siswa kelas V yang berjumlah 22 siswa di SDN 064986 Medan Amplas, peneliti mengambil sampel pada kelas V. Teknik pengumpulan data yang dgunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, tes hasil belajar. Dapat di lihat bahwa hasil belajar peserta didik kelas V SDN 064986 Medan Amplas terjadi peningkatan setelah menggunakan model PBL berbantuan Diorama. Sampai pada siklus II dalam pengunaan model PBL berbantuan Diorama, terjadi peningkatan hasil belajar yakni terlihat dari presentase hasil belajar peserta didik pada setiap siklus terjadi peningkatan. Berdasarkan data hasil belajar peserta didik pada siklus 1 dan siklus 2 ditemukan adanya peningkatan. Ketuntasan klasikal pada siklus 1 sebesar 55% siklus 2 sebesar 87%. Mengacu pada data tersebut, dapat disimpulkan bahwa penggunaan model PBL berbantuan Diorama dapat meningkatkan hasil belajar tematik peserta didik kelas V SDN 064986 Medan Amplas.
Copyrights © 2024