JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 8 No. 3 (2024)

Transplantasi dalam Perspektif Fiqih Islam

Nasir Karim, Muhammad (Unknown)
Siregar, Alimuddin (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Dec 2024

Abstract

Tulisan ini bertujuan untuk melihat dan mengkaji transplantasi tubuh dalam perspektif fiqih Islam. Tulisan ini akan mengungkap bagaimana transplantasi dalam konteks fiqih Islam. Trasnplantasi merupakan perpindahan sebagian atau seluruh jaringan atau organ dari satu individu kepada individu lainnya baik yang sama ataupun yang sejenis atau berbeda spesies. Saat ini lazim dikerjakan di Indonesia adalah pemindahan suatu jaringan atau organ antar manusia, buak antara hewan dengan manusia, sehingga pengertian bahwa transplantasi adalah pemindahan seluruh atau sebagian ke tempat yang lain ditubuh yang sama. Transplantasi ini ditujukan untuk mengganti organ yang rusak atau yang tidak berfungsi pada penerima dengan organ lain yang masih berfungsi dari pendonor. Dalam tataran hukum, transplantasi dipandang sebagai sebuah usaha mulia dalam upaya menyehatkan dan mensejahterakan manusia, meskipun ini adalah suatu perbuatan yang melawan hukum pidana, namun karena adanya pengecualian maka hal tersebut tidak lagi diancam pidana dan dapat dibenarkan. Transplantasi mengalami dilemma etik, satu sisi dapat membahayakan pendonor namun disisi lain dapat menyelamatkan pasien dalam kondisi tertentu. Di beberapa negara yang telah memiliki undang-undang transplantasi terdapat pembalasan dalam pelaksanaan transplantasi, misalnya adanya larangan untuk transplantasi embrio, testis, dan ovarium baik untuk tujuan pengobatan maupun tujuan eksperimental. Namun demikian ada juga negara yang mengizinkan dilakukannya transplantasi organ-organ tersebut di atas untuk kepentingan penelitian saja.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...