JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 8 No. 3 (2024)

Impementasi Manajemen Konflik dalam Mengatasi Persoalan Kedisiplinan Peserta Didik di Sekolah

Anggraini, Anggi (Unknown)
Fitri, Adelia (Unknown)
Azwardi, Azwardi (Unknown)
Hasibuan, Muhammad Khalid Pay (Unknown)
Sibarani, Wardah Sahrani (Unknown)



Article Info

Publish Date
02 Jan 2025

Abstract

Manajemen konflik merupakan aspek penting dalam lingkungan pendidikan, terutama dalam mengatasi persoalan kedisiplinan peserta didik di sekolah. Konflik yang muncul sering kali berakar dari perbedaan persepsi, nilai, dan harapan antara siswa, guru, dan orang tua. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi manajemen konflik yang diterapkan di sekolah-sekolah dalam menangani masalah kedisiplinan peserta didik. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dan studi pustaka (library research) yaitu metode dengan pengumpulan data dengan cara memahami dan mempelajari teori-teori dari berbagai literatur yang berhubungan dengan penelitian tersebut. Implementasi manajemen konflik secara efektif tidak hanya membantu menyelesaikan masalah kedisiplinan tetapi juga berkontribusi pada pengembangan karakter siswa. Sekolah-sekolah yang menerapkan pendekatan kolaboratif cenderung memiliki tingkat kedisiplinan siswa yang lebih tinggi dibandingkan dengan mereka yang menggunakan pendekatan otoriter.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...